MEMBUAT BLOG DI BLOGGER

Tags

Hallo sobat, apa kabar. Semoga baik-baik saja. Bahagia itu sederhana, yaitu ketika mengetahui sobat berada di blog ini. Silahkan pilih artikel sesuai dengan keinginan sobat.

Tahukan sobat apa itu Blogging?
Blogging, atau ngeblog adalah kegiatan membangun atau membentuk sebuah blog dengan berbagai macam tujuan. Blog adalah sebuah website biasanya dikelola oleh perorangan. Ada banyak sekali website yang  menyediakan layanan untuk membuat blog. Beberapa yang populer antara lain adalah; Blogger, Blogdetik, Wordpress, Livejournal, Multiply dan lain sebagainya. Masing-masing memiliki keunggulannya sendiri. Untuk mulai mengembangkan sebuah blog tentunya sobat harus memiliki blog terlebih dahulu.

Kali ini Total Tutorial akan membahas cara membuat blog dengan platform blogspot yang disediakan oleh blogger.com.

Untuk mulai membuat blog di blogger, sobat harus memiliki akun e-mail Google, jika soabat belum punya silahkan buat dulu di sini. Jika sudah memiliki e-mail Google  selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Kunjungi website blogger di http://blogger.com
  2. Log in dengan menggunakan akun google sobat

  3. Pada halaman berikutnya sobat diminta untuk mengkonfirmasi profil sobat, silahkan klik tombol Buat profil Google+ (untuk mnghubungkan blog anda dengan Jejaring Sosial Google Plus) atau Buat profil blogger terbatas jika sobat hanya ingin membuat akun blogger saja.

  4. Isikan nama tampilan yang sobat inginkan kemudian klik tombol Lanjutkan ke blogger
    blogger3

     

  5. Untuk mulai membuat sebuah blog, klik tombol Blog baru

  6. Isikan Judul Blog sobat (bisa diisi dengan apa saja sesuai dengan keinginan sobat dan bisa diganti setiap saat) dan alamat blog (untuk alamat blog juga bisa diisi dengan apa saja, tapi harus memeriksa ketersediaan alamat tersebut, jika tidak tersedia silahkan coba dengan yang lain, alamat blog harus unik, tidak boleh sama dengan pengguna lain)

  7. Jika alamat blog yang sobat isi tersedia, maka sobat bisa melanjutkan dengan mengeklik tombol Buat blog. Google akan membuatkan anda sebuah blog dengan alamat http://alamat-blog-sobatt.blogspot.com

    Blog sudah selesai dibuat, saatnya mulai mengelola blog sobat; membuat tulisan baru, mengganti template, memasang hiasan pada blog dan lain sebagainya.

    Happy blogging sobat :-D


EmoticonEmoticon